PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Kembali Laksanakan Razia Insidentil. Kalapas : Ini Untuk Meningkatkan Kualitas Lapas.

BidikNewsToday.Com (Simalungun) – Demi mencegah hal-hal yang negatif di dalam lapas, Razia Rutin dan Insidentil terus dilakukan di Lapas Kelas IIA Pematangsiantar yang terfokus dalam kamar Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan Razia tersebut menjadi kegiatan wajib dan rutin yang dilakukan petugas lapas sebagai bentuk deteksi dini adanya gangguan keamanan dan ketertiban.

Hal ini dilaksanakan di Kamar Hunian WBP tepatnya pada Blok Hunian Beringin Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, Jalan Asahan KM 6, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun. Selasa (28/9/2021) sekira pukul 20.30 Wib.

Razia tersebut dipimpin langsung oleh Ka. KPLP Sahat Bangun Amd.IP, SH, MH yang didampingi seluruh petugas yang akan melakukan penggeledahan pada kamar hunian WBP.

 

Baca juga : Menuju Lapas BersiNar, Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar Tetap Laksanakan Razia Rutin.

 

Sementara, setelah mendapat petunjuk dari Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi, Amd.IP, SH, MH melalui Ka. KPLP Sahat Bangun, Amd.IP, SH, MH, seluruh petugas keamanan langsung bergerak dan melakukan penggeledahan dari kamar ke kamar Warga Binaan.

Pemeriksaan dan penggeledahan kali ini sangat menyeluruh dari sudut kamar mandi hingga asbes (Plofon) kamar serta tempat-tempat yang mencurigakan diduga sabagai tempat penyimpanan barang-barang terlarang.

Kemudian setelah dilakukan penyisiran di seluruh ruangan Kamar Hunian WBP Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, barang bukti hasil Kegiatan Razia Rutin dan Insidentil seperti 1 Unit Handphone, 1 Unit Charger, 1 batang kayu yang diukir menyerupai pisau, dan 1 buah mancis. Namun, tidak ditemukan benda-benda sejenis narkoba maupun benda lain yang berkaitan dengan narkoba.

(Insert) Barang Bukti yang berhasil diamankan dari kamar hunian WBP.

Selain kamar hunian, petugas kemanan Lapas Kelas IIA Pematangsiantar juga memeriksa keadaan sarana dan prasarana lapas demi meminimalisir pelarian Warga Binaan.

Setelah selesai dilakukan seluruh pemeriksaan, Kalapas Kelas IIA Pematangsiantar melalui Ka. KPLP mengatakan bahwa pengamanan harus tetap terjaga agar Lapas Kelas IIA Pematangsiantar tetap kondusif dan tidak mengalami kesalahan teknis apapun.

 

Baca juga : Wagub Sumut Musa Rajekshah Resmikan Masjid Al Musannif ke-24 di Tabuyung Madina.

 

“Saya tidak pernah bosan menegaskan dan memerintahkan kepada jajaran pengamanan agar tetap memeriksa dan mengawasi setiap kegiatan Warga Binaan kita di Lapas ini”, ujar Kalapas melalui Ka. KPLP.

“Tetap tingkatkan Volume Kontroling dan saling berkoordinasi kepada jajaran Staff pengamanan apabila terjadi hal yang Negatif maupun hal yang mencurigakan. Ketika Lapas itu sendiri telah aman dan tertib dalam hal pengamanan, maka program pembinaan dalam Lapas Kelas IIA Pematangsiantar ini akan terealisasi dan pelayanan kepada Warga Binaan serta Masyarakat dapat meningkat”, Lanjutnya sembari menutuk keterangan.

Di sisi lain, seluruh Barang Bukti hasil Razia Rutin dan Insidentil dilakukan pendataan dan langsung dimusnahkan dengan cara dibakar. (B.03.HARTA).

Read Previous

Wagub Sumut Musa Rajekshah Resmikan Masjid Al Musannif ke-24 di Tabuyung Madina.

Read Next

Rapat Koordinasi Pemko Siantar Dipimpin Oleh PJ Sekda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *