Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Plt Bupati Padang Lawas Bantu Kesembuhan Anak Usia 6 Tahun Penderita Penyakit Onphalocate

BidikNewsToday.Com (Padang Lawas) – Hija Harahap (6) warga Desa Bire, Kecamatan Barumun Barat, Kabupaten Padanglawas (Palas) menderita penyakit sumbing perut (Onphalocate) hasil diagnosa RSUD Sibuhuan.

“Asi uma, dongan-donganku inda godang busungna… Au godang arti kenapa perut besar dan teman temanku perut kecil,” rintihan seorang anak kepada kedua orangtuanya Paruhuman Harahap (40) dan Nur Laila Hasibuan (39).

Mendengar rintihan anaknya yang masih berusia 6 tahun ini membuat perih hati pasangan suami istri(Pasutri) warga Desa Barumun Barat.

Paruhuman Harahap (40) ayah Hija, menceritakan, ternyata penyakit yang diderita anak bungsunya itu sudah terlihat sejak lahir. “Tarsongon naso adong kulitni bituha nai. Tarida isi nai,” dari kecil terlihat isi perutnya sampai kedalam,” tutur bapak tiga anak ini.

Di saat baru lahir, sambung Paruhuman dan Nur Laila sudah membawa anaknya berobat. Bahkan, sudah sempat dibawa ke RS Adam Malik Medan. Kondisinya sempat membaik waktu itu.

Namun, seiring waktu berjalan, perut anaknya itu makin membesar. Kalau batuk, perutnya terasa sakit hingga anaknya menangis kalau batuk,” ungkapnya.

Ia berharap,anaknya bisa sembuh dan berkembang seperti anak kebanyakan, itulah yang membuat Paruhuman tidak habis pikir.

Beruntung, ia berkesempatan bercerita panjang lebar dengan pendamping PKH Kecamatan Barumun Barat, Hanifa Utra. Kebetulan, keluarga ini menjadi satu peserta Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan program dari Kementerian Sosial untuk membantu warga miskin.

Oleh Hanifa Utra, dilakukan advokasi dan pendampingan dengan berkoordinasi dengan Puskesmas setempat dan Dinas Sosial.

Akhirnya, Sabtu (11/2/2022), Hija dibawa berobat ke RSUD Sibuhuan lagi untuk berobat. Namun, karena keterbatasan ekonomi, BPJS atas nama Hija pun tertunggak sebanyak Rp3,6 juta.

Beruntung lagi, banyak pihak yang membantunya. Rencananya, tunggakan BPJS akan dibayarkan agar Hija terus berobat. Bahkan,setelah ditangani dipihak RSUD Sibuhuan, rencananya akan dirujuk lagi ke RS Adam Malik Medan kembali.

“Kami dari PKH Palas mengetuk hati para dermawan untuk bersedia mengulur tangan sebagai bentuk membantu biaya pengobatan Hija yang menderita penyakit sumbing perut(Onphalocate) hasil diagnosa RSUD Sibuhuan,” kata Koordinator PKH Palas,Rasyid Daulay.

Plt Bupati Padanglawas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi didampingi Sekda Arpan Nasution S.Sos dan Ketua Baznas Palas, Drs H.Abdul Haris menyerahkan bantuan biaya pengobatan kepada Hija sebesar Rp 6 juta yang diterima Paruhuman Harahap.

“Ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah untuk meringan beban warga yang menanggung penderitaan anaknya,” ujarnya.

Ia berpesan, mari kita berdoa untuk Hija agar diberikan kesembuhan dan operasinya nantinya di RS Adam Malik berjalan lancar untuk kesehatanya.

Ahmad Zarnawi dalam kesempatan itu, sempat berdialog dengan Paharauman Harahap dan Nurlailai Hasibuan orang tua penderita. Dimana, informasi diperoleh mereka terkendala dana untuk perobatan Hija operasi ke RS Adam Malik Medan.

“Semoga dengan bantuan ini dapat memperlancar perobatan anak kita Hija Harahap dapat semoga segera memproleh kesembuhan,” tutup Zarnawi. (B.25.SUBANDI)

Editor : Arta Purba.

Read Previous

HUT Ke-20 AMPG Binjai Gelar Bhakti Sosial Bersama Yatim Piatu

Read Next

Tinjau Vaksinasi Serentak Lansia di Asahan, Kapolda Sumut : Rapatkan Barisan Cegah Penyebaran Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *