Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Musrembang RKPD Padang Lawas Tahun 2023 Diresmikan Plt. Bupati

BidikNewsToday.Com (Padang Lawas) – Musyawarah Perencanaan Pembangunan(Musrenbang) RKPD Kabupaten Padanglawas tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Padanglawas, drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi ditandai dengan pemukulan gong yang disaksikan Forkopimda, Rabu (23/3/2022) di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.

“Pelaksanaan Musrenbang ini merupakan Amanah dari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) Dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah,” kata Plt Bupati.

Dikatakan, hasil kegiatan Musrenbang Kabupaten ini akan dituangkan dalam RKPD yang nantinya diajukan ke Musrenbang Provinsi dan Musrenbang Nasional.

Kata H Ahmad Zarnawi, musrenbang ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan penjabaran tahun ke-empat dari RPJMD Kabupaten Padanglawas tahun 2020-2024.

“Mencermati isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan dapat dijadikan dasar dalam penentuan program yang menjadi skala prioritas,” katanya.

Lebih lanjut,kata Plt Bupati diantara skala prioritas tersebut antara lain peningkatan derajat kualitas pendidikan, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, ketersedian infrastruktur yang berkualitas, upaya pemberdayaan masyarakat, kebijakan tata kelola pemerintahan.

Hal ini,lanjutnya mengacu pada isu strategis dan RPJMD Kabupaten Padanglawas tahun 2020-2024, maka tema pembangunan Musrenbang tahun 2023 terkait “Percepatan pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat dalam pencapaian Kabupaten Palas Bercahaya”.

“Dalam proses menyusun RKPD Tahun 2023 ini,diminta semua pimpinan dan aparatur perangkat daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi kedepan, terintegratif dan inovatif, mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur. Sehingga penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2023 akan lebih terarah, terukur,”

Sementara mewakili Gubernur,Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Jubir Harahap, S.Sos, M.AP menyampaikan, besarnya skala dan cakupan pembangunan daerah tentunya membutuhkan sinergitas, integrasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan.

“Sinergi perencanaan pembangunan provinsi dan kabupaten/kota perlu ditingkatkan melalui sinkronisasi dan kolaborasi dalam bentuk kerjasama perencanaan pembangunan, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan sumberdaya dalam pembangunan,” katanya.

Ia berharap,melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD ini dapat meningkatkan esensi peran publik dalam mendiskusikan berbagai hal yang sangat penting untuk perencanaan kedepan yang lebih baik.

Kata Jubir Harahap, melalui penyelenggaraan musrenbang ini diharapkan program dan kegiatan yang di rumuskan dapat lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang di hadapi saat ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Sumut Bermartabat.

“Selamat melaksanakan musrenbang, prioritas pembangunan dan program prioritas yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Palas,” ucapnya.

Diharapkan kegiatan Musrenbang ini sejalan dengan visi Sumut yang maju, aman, dan bermartabat mewujudkan masyarakat yang bermartabat dalam kehidupan, bermartabat dalam politik, bermartabat dalam pendidikan, bermartabat dalam pergaulan dan bermartabat dalam lingkungan.

“Dengan strategi utama membangun desa menata kota”pungkas membacakan sambutan Gubsu Edy Rahmayadi.

Sebelumnya,Kepala Bappeda Kabupaten Palas, Triyanta HK selaku Ketua Panitia penyelenggara kegiatan Musrebang RKPD Kabupaten Palas mengatakan, pelaksanaan Musrenbang Kabupaten ini merupakan tahapan lanjutan dari proses pelaksanaan Musrenbang Desa yang dilaksanakan pada awal bulan Januari lalu.

Selanjutnya pelaksanaan Musrenbang Kecamatan gabungan yang dilaksanakan di limakecamatan mulai 31 Januari sampai 8 Februari 2022 serta Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan 24 Februari 2022,terangnya.

“Pelaksanaan musrenbang dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan Rancangan RKPD Kabupaten Palas Tahun 2023 mendatang,” ucap Triyanta.

Ia berharap, melalui forum ini diharapkan dapat menyepakati beberapa hal penting terkait isu strategis diantaranya terkait permasalahan pembangunan dan prioritas pembangunan yang menyentuh kepentungan daerah dan sinkrin dengan program nasional.

Turut hadir di kegiatan Musrenbang Kabupaten Palas, Ketua DPRD,Amran Pikal Siregar.S.Sos.i,Wakapolres, Kompol JW Sijabat.SH,Kajari Palas,Teuku Herizal.SH.MH,Pabung 0121 TS,Kapten Arh Saleh Hasibuan, Sekda Arpan Nasution.S.Sos, Pimpinan OPD dan Intansi Vertikal se Kabupaten Palas. (B.25.SUBANDI)

Editor : Arta Purba.

Read Previous

HUT Ke-76 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2022, Dirangkai dengan kegiatan Donor Darah

Read Next

Layanan Citra Land Gama City Sangat Puaskan Pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *