Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Plt Bupati Padang Lawas Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94

BidikNewsToday.Com (Padang Lawas) – Plt Bupati Padanglawas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.MSi bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94,di Komplek SKPD Terpadu Sigalagala Sibuhuan, Jumat (28/10/2022).

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa” diikuti ASN,Organisasi Pemuda diantara KNPI,IPK,Pemuda Pancasila,FKPPI,MPI dan PPM.

Bertindak sebagai Komandan Upacara, Rahmat Syaputra Pane dari Organisasi Pemuda Panca Marga (PPM).

Plt Bupati Palas,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.MSi membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali menyampaikan,peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan,dipelajari dan ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial,suku, agama,ras dan kultur serta  berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” kata Plt Bupati mengutip amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

Dikatakan,sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam mempelopori untuk membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928.

Peringatan Sumpah Pemuda tersebut diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia.

“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa yang memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” ucapnya.

Menurut Plt Bupati, melalui tema Hari Sumpah Pemuda “Bersatu Bangun Bangsa”, memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan.

Lanjut Plt Bupati, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia, tema ini menjadi pengejawantahan dalam konteks kekinian dan akan datang.

“Tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat,bersatu,adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah,”ajak Plt Bupati ke barisan pemuda.

Ia menambahkan, pemuda adalah tokoh-tokoh yang berperan pada masa yang akan datang,sehingga  pemuda  juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Memandang keberagaman tersebut, sambungnya sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” harapnya.

Disisi lain, lanjutnya kondisi pemuda Indonesia saat ini,terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan.Baik  level nasional maupun  level internasional,” tambahnya.

Melalui momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda,Plt Bupati mengajak pemuda dan masyarakat untuk membangun keunggulan di masa yang akan datang.

Namun demikian, ia juga mengaku khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan, sambung H.Ahmad Zarnawi

Oleh karena itu, ia mengajak, seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan mendorong semangat pemuda untuk  bergerak mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa,tandasnya.

Usai kegiatan upacara, Pemerintah Kabupaten Palas memberikan tali asih kepada 3 orang putra dan putri berprestasi  pada MTQ ke – 29 tingkat Nasional Tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan yang dserahkan Plt Bupati Palas dan Sekda Arpan Nasution.S.Sos.

3 Orang penerima tali Asih tersebut, Taufik Hasibuan,dengan prestasi juara III Golongan Khat Naskah Putra, dan Juara 1 Nasional Khat dekorasi Putra pada MTQ Nasional ke – 28 di Provinisi Sumatera Barat Tahun 2020.

Selanjutnya, Ameliatul Khoiriyah Nasution, dengan prestasi juara harapan III golongan Tafsir bahasa indonesia Putri, dan juara III tafsir 30 JUZ pada MTQ Kedutaan besar Arab Saudi di Jakarta Tahun 2019, dan selanjutnya Mikrohani Siregar, dengan prestasi juara harapan III, golongan Tafsir bahasa Arab Putri.

Turut Hadir di Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Sekda Arpan Nasution S.Sos, Kapolres Palas, AKBP Indra Yanitra Irawan SIK.MSI, Para Pimpinan OPD, Asisten dan Staff Ahli Bupati dan unsur Forkopimda.(B.25.SUBANDI).

Editor : Arta Purba. 

Read Previous

AKBP Ronald Jadi Inspektur Upacara Peringatan Sumpah Pemuda di Markas Komando Resor Simalungun

Read Next

Plt. Bupati Padang Lawas Hadiri Pelantikan 51 Anggota Panwaslu Kecamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *