Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Forkopimda Simalungun Pantau Pospam Nataru

BidikNewsToday.Com (Simalungun) – Dalam rangka memberikan semangat kepada personel yang melaksana tugas serta memastikan kesiapan dan cara bertindak pelaksanaan Operasi Ops Lilin Toba 2022 di Wilayah Hukum Polres Simalungun, Unsur Forkopimda Kabupaten Simalungun melaksanakan Kunjungan beberapa Pos Pam dan Pos Yan.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH bersama Kapolres AKBP Ronald FC Sipayung, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, meninjau Pos Pengamanan (Pospam) Natal dan Tahun Baru (Nataru), Sabtu (24/12/2022).

Kapolres Simalungun menyampaikan rombongan Fokopimda mengunjungi Pos yang pertama yaitu di Pos Yan VI Simpang Palang., Pos Yan VII Simapang Sitahuan., Pos Yan VI Pagoda / Open Stage., Pos Yan VIII Pantai Bebas., Pos Yan V RM. Mandailing., Pos Pam V Simpang Sampuran., Pos Yan II Pintu Tol Sinaksak., Pos Yan III ST 30 Ruas Jalan Tol., Pos Yan IV ST 41Ruas Jalan Tol., Pos I Dolok Simpang Dolok Melangir., Pos Pelayanan SMK Negeri 3 Jalinsum.

Unsur Forkopimda melaksanakan Kunjungan guna memberikan semangat serta menyerahkan bantuan Paket Makanan dan Minuman kepada personel yang berada di Pos Pam dan Pelayanan, “Ujar AKBP Ronald.

“Dari hasil kegiatan kinjungan bahwa Secara menyeluruh Pos Pam dan Pos Pelayanan serta Pos Terpadu Operasi Lilin Toba 2022 di Wilayah Hukum Polres Simalungun sudah berdiri dan Sudah Berfungsi dan lengkap dengan Personel serta Perlengkapan di masing-masing Pos, Selanjutnya Personel yang sudah diploting sesuai dengan pelaksanaan penugasaan Operasi Lilin Toba 2022 siap melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan penuh semangat.

Kapolres Simalungun juga menjelaskan bawah volume lonjakan pemudik diperkirakan akan terjadi di Simalungun, “Kami hitung mulai dari Pukul 06.00 WIB tadi hingga saat ini sudah mencapai 18 ribu kendaraan yang masuk di wilayah Simalungun,”kata Kapolres.

Menurut Kapolres, pihaknya sudah menyiapkan personil sekitar 500 – 1000 terdiri dari unsur Polri, TNI dibantu Satpol PP dan Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), “Kita juga telah mempersiapkan 17 Titik Pos Pengamanan yang berada di Wilayah Simalungun khususnya di daerah rawan kemacetan. Kita juga membuat dua Pos Pengamanan di jalur alternatif jalan TOL Sinaksak,” jelas Kapolres.

Perlu di ketahui bawah kendaraan yang bisa melintasi jalur alternatif adalah kendaraan golongan satu atau kendaraan pribadi roda 4. “Dan jalur ini hanya bisa di gunakan ketika emergensi atau benar benar kondisi urgensi,” tandas Kapolres.

Ditempat yang bersamaan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH., menyampaikan bahwa, “Sebanyak 11 titik Pospam dari 17 titik Pospam yang ditetapkan di Wilayah Simalungun ditinjau oleh Bupati, Kapolres, Dandim serta instansi terkait lainnya yang ikut dalam peninjauan itu.

Keberadaan Pospam ini diharapkan untuk mengamankan pelaksanaan libur Nataru nantinya, sehingga dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar di Wilayah Kabupaten Simalungun.

Disela-sela peninjauan itu Bupati Simalungun menyampaikan bahwa peninjauan di lakukan untuk melihat kesiapan Pasukan dan personel yang terdiri dari Pemerintah, Kepolisian dan TNI yang mendapat tugas di Pospam maupun di Pos Pelayanan (Posyan).

“Kita hadir memberikan semangat kepada Petugas di lapangan agar tetap waspada dan juga menjaga kesehatan,”kata Bupati.

Selain meninjau para petugas di Pospam, Bupati bersama Kapolres dan Dandim juga memberikan bantuan logistik kepada para petugas.

“Kami juga memberikan logistik kepada para petugas agar mereka bisa tetap menjaga asupan gizi sehingga tetap prima dan sehat dalam menjalankan tugasnya,” pungkas Bupati.

“Kita tahu bawah pada Natal dan Tahun Baru 2020 dan 2021 lalu, kita tidak boleh melakukan mudik. Pada tahun ini kita di berikan kelonggaran dan di perkirakan tahun ini, dan nanti malam puncaknya akan terjadi lonjakan pemudik yang akan masuk ke wilayah Simalungun,” ucap Bupati menambahkan.

Bupati mengharapkan sekaligus sangat menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik agar menjaga kesehatan dan mengecek kendaraan sebelum mudik.

“Dan kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah Natal nanti malam agar tetap menjalankan ibadah seperti biasa, jika bisa berjalan kaki tak perlu membawa kendaraan ke Gereja agar tidak menimbulkan kemacetan, mengingat akan ada lonjakan pemudik hingga malam nanti,” sebut Bupati. (Rel/B.01.HENDRA). 

Read Previous

Pastikan Terlaksana Dengan Baik, Kapolres Simalungun Cek Pos Pam Ops Lilin Toba 2022

Read Next

Ketua PWI Sumut Minta Wartawan Rapih, Bersih, Wangi, Beretika Serta Profesional Di Lapangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *