Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Lapas Kelas II A Pematang Siantar Jalin Kerjasama Dengan TNI

BidikNewsToday.Com (Simalungun) – Untuk menghadapi krisis global dan juga memberikan pembinaan kepribadian kepada WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan), Lapas Kelas II A Pematang Siantar jalin kerjasama dengan Korem 022/PT dan Kodim 0207/Simalungun.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan kepribadian WBP dalam bidang Pertanian dan ketahanan pangan.

Lapas Kelas II A Pematang Siantar yang berlokasi di Jalan Asahan Km 6,5, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun itu, akan melibatkan WBP dalam melancarkan program kerjasama tersebut.

Sebelum hal itu dilaksanakan, Lapas Kelas II A Pematang Siantar akan lakukan Assesment kepada WBP yang mengikuti Kegiatan itu, baik secara Administratif maupun wawancara. Akan tetapi, tetap berpedoman terhadap syarat dan ketentuan bahwa WBP bukan dari perkara kasus tindak pidana Narkoba, Terorisme, dan Korupsi.

WBP Lapas Kelas II A Pamatang Siantar yang dapat mengikuti kegiatan Pertanian dan Pertahanan Pangan merupakan warga yang sudah masuk dalam program pengusulan Asimulasi dan Integrasi.

Pada kesempatan Coffer morning yang dihadiri oleh Kalapas Kelas II A Pematang Siantar M. Pithra Jaya Saragih, didampingi Ka. KPLP Raymond Andika Girsang, Kasi Giatja Hasudungan Hutauruk bersama Danrem 022/PT Kolonel Inf. Luqman Arief, S.I.P. diharapkan agar program kolaborasi tersebut dapat memberikan bekal keterampilan yang berguna untuk Implementasi WBP setelah menyelesaikan hukuman pidananya.

Lebih lanjut dikatakan Kalapas, “selama ini masih ada stigma jika Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di lembaga pemasyarakatan (Lapas) hanya sampah masyarakat. Karena dinilai tak berguna dan tak bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Padahal faktanya. banyak karya berguna dan dibutuhkan masyarakat terlahir dari tangan kreatif mereka, kita juga memberikan pelatihan keterampilan di dalam Lapas oleh pihak ketiga baik dalam bentuk Tenun, jahit, miniattur, meuble, besi/Las dan pertanian/Perikanan yang di laksanakan di dalam Lapas Kelas II A Pematang Siantar, dimana dilaksanakan oleh WBP yang memang benar-benar memiliki niat dan bakat dalam pembinaan tersebut dan tetap dilakukan assesment secara administrasi dan subtantif dalam menentukan wbp yang akan mendapatkan pelatihan tersebut,” Pungkas Kalapaa Kelas II A Pematang Siantar itu.

“Selama menjalani hukumannya, WBP diarahkan dan dibina untuk mandiri agar setelah bebas nanti bisa semakin produktif terutama dalam mencari potensi usaha yang dapat berkembang sehingga bisa mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut dan salah satunya adalah bidang pertanian tegas Kalapas,” Lanjutnya.

Sementara itu, bentuk kerjasama tersebut akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU antara Lapas Kelas IIA Pematangsiantar dengan Korem 022/PT Pematangsiantar.

Dalam hal ini Korem 022/PT juga menggandeng POLRI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar serta kelompok-Kelompok Tani siantar -simalungun dan pihak lainnya dalam membangun Ketahanan Pangan Nasional yang akan digelar dalam bulan Pebruari ini. (B.03.HARTA). 

Editor : Hendra Silitonga. 

Read Previous

Polres Padang Lawas Akan Launching Unit Satpas

Read Next

Rayakan HPN 2023, PT. PLN Up3 Pematang Siantar Gelar Lomba Karya Tulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *