Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Bawaslu Kota Pematang Siantar Pantau Penuh Proses Pendaftaran Bacaleg Parpol Di KPU

BidikNewsToday.Com (Pematang Siantar) – Bawaslu bertugas melakukan pengawasan pemilu di setiap tingkatan dan melakukan pencegahan serta penindakan terhadap pelanggaran maupun sengketa proses pemilu.

Hal itu dilakukan oleh Bawaslu Kota Pematang Siantar yang melaksanakan tugas dengan melaksanakan pengawasan melekat di KPUD Pematang Siantar dalam rangka penerimaan berkas administrasi pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang terlaksana pada tanggal 1 hingga 14 Mei 2023.

Pelaksanaan Penerimaan berkas administrasi tersebut dilaksanakan di Kantor KPUD Pematang Siantar Jalan Porsea No. 3, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar. Senin (15/5/2023).

Pada proses pendaftaran tersebut, ada beberapa Partai yang dikembalikan berkasnya dikarenakan dianggap tidak lengkap, seingga gagal terverifikasi oleh KPUD Pematang Siantar.

Akan tetapi, Partai Politik yang gagal terverifikasi tersebut diminta untuk segera melengkapi kekurangan berkasnya sebelum tutup proses penerimaan Berkas Administrasi Bacaleg pada tanggal 14 Mei 2023.

Di hari terakhir Proses Pendaftaran Bacaleg tersebut, seluruh Parpol yang mendaftar telah menyelesaikan berkas-berkasnya.

Adapun Partai yang telah terverifikasi di KPUD Pematang Siantar, yakni :

  1. Partai Hanura
  2. PDIP
  3. Partai Nasdem
  4. PAN
  5. PKS
  6. Partai Demokrat
  7. PSI
  8. Partai Gerindra
  9. Partai Perindo
  10. PKB
  11. PBB
  12. Partai Golkar
  13. Partai Buruh
  14. Partai Ummat
  15. Partai Kebangkitan Nusantara
  16. PPP

 

Sementara itu, Partai Gelora diterima dengan catatan Parpol tersebut tidak bisa mempergunakan Silon.olehkarena itu, atas dasar surat Ketua KPU No. 475-476, Partai Gelora mengajukan Bacalegnya dengan metode manual dengan menyerahkan berkas fisik dan digital menggunakan media penyimpanan Flashdish.

Sedangkan Partai Garuda tidak mengajukan Bacalegnya walau sempat hadir di Kantor KPUD Pematang Siantar. Namun, dikarenakan Silon yang Error dan kelengkapan berkas yang masih tertahan oleh DPP/Provinsi Partai Garuda.

Berdasarkan hal itu, Partai Garuda tidak dapat mengajukan Berkas Bakal Calon Legislatif nya untuk bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) Tahun 2024. (B.03.HARTA).

Editor : Hendra Silitonga.

Read Previous

Berhasil Ungkap Pelaku Pembunuhan Kasat Reskrim Terima Penghargaan Dari Kapolres Simalungun

Read Next

Wali Kota Tegaskan Pemko Pematang Siantar Tanggungjawabi Jamaah Calon Haji Sebelum dan Sesudah Keberangkatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *