Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Wali Kota Tegaskan Pemko Pematang Siantar Tanggungjawabi Jamaah Calon Haji Sebelum dan Sesudah Keberangkatan

BidikNewsToday.Com (Pematang Siantar) – Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar menanggungjawabi Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Pematang Siantar Tahun 1444 H/2023 M, baik sebelum maupun sesudah keberangkatan ke tanah suci.

Demikian ditegaskan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya pada acara Bimbingan dan Manasik Haji Jamaah Calon Haji Kota Pematang Siantar Tahun 1444 H/2023 M, di Gedung Kolonel Sugiono Brimob Subden 2B, Jalan Ahmad Yani Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Selasa (16/05/2023) pagi.

“Rangkaian mulai Manasik, tepung tawar, pemberangkatan, sampai ke penyambutan jamaah haji, menjadi agenda Pemko Pematang Siantar,” terang dr Susanti.

Wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar itu mengimbau kepada seluruh JCH agar tidak khawatir karena Pemko Pematang Sianțar tetap menjaga mereka.

Mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar ini menilai, kegiatan Manasik Haji memiliki manfaat besar karena berupa pembekalan. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, diisi teori dan praktek ibadah haji. Sehingga penyelenggaraan ibadah haji bisa dilaksanakan secara optimal dan maksimal.

“Serta bagaimana kita menjaga kesehatan dan keselamatan secara mandiri,” tutur alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta itu.

dr Susanti juga mengungkapkan Pemko Pematang Siantar telah memberikan handphone (Hp) Android kepada petugas haji, yang bertujuan untuk berkomunikasi dengan JCH, agar lebih cepat merespon keperluan dari JCH.

“Semoga seluruh jamaah calon haji bisa mengikuti rangkaian manasik, berangkat, dan kembali dengan selamat, dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” tutup dokter spesialis anak ini.

Sementara itu, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Pematang Siantar Drs H Natsir Armaya Siregar dalam sambutannya berharap agar para petugas juga diberikan arahan dalam mendampingi JCH. Sehingga kegiatan ibadah haji berjalan baik dan semua dalam kondisi sehat walafiat.

Senada dengan hal itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Pematang Siantar Drs HM Hasbi MH meminta kepada JCH untuk sungguh-sungguh mengikuti dan melaksanakan kegiatan ibadah haji agar tidak sia-sia.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pematang Siantar dr Erika Silitonga meminta kepada JCH untuk tetap menjaga kesehatan, dengan membawa sejumlah perlengkapan termasuk alat pelindung atau topi, serta obat-obatan termasuk multi vitamin.

“Saat ini hadir tim kesehatan yang akan terus mendampingi sampai kembali nantinya dari ibadah haji,” tukas dr Erika.

Terpisah, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setdako Pematang Siantar, Lahiri Amri G Hasibuan STTP MAP, sesuai data dari Kemenag, per Selasa (16/05/2023) JCH sudah bertambah menjadi 161 orang.

JCH tahun ini, lanjutnya, mayoritas para lanjut usia (lansia).

“Mengingat pandemi Covid-19 yang telah usai, sehingga tema dalam Manasik Haji ini yakni Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia, Semoga menjadi Haji yang Mabrur,” terangnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pematang Siantar Drs HM Ali Lubis serta Asisten Perekenomian dan Pembangunan Pemko Pematang Siantar Zainal Siahaan SE MM. (Rel/B.03.HARTA). 

Editor : Hendra Silitonga. 

Read Previous

Bawaslu Kota Pematang Siantar Pantau Penuh Proses Pendaftaran Bacaleg Parpol Di KPU

Read Next

Kapolsek Dolok Silau Pantau Imunisasi Polio di Pustu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *