Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Dengan Nuansa Pakaian Adat Nusantara, Lapas Kelas II A Sibolga Menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

BidikNewsToday.Com (Sibolga) – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sibolga menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila bertempat di Lapangan Upacara Lapas Sibolga, Kamis (1/06/2023). Dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” seluruh peserta upacara melaksanakannya dengan menggunakan pakaian adat nasional.

Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila, sehingga setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bentuk Pancasila dalam tindakan dan pelaksanaan pengarustamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam upacara ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sibolga Indra Kesuma bertindak sebagai Inspektur Upacara. Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan dilanjutkan dengan Amanat Inspektur Upacara dengan membacakan Amanat Presiden Republik Indonesia, dan diakhiri dengan pembacaan doa.

Dalam Amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan “Di tengah krisis yang melanda dunia, termasuk krisis kesehatan, pangan. Energi & keuangan, Indonesia termasuk satu dari sangat sedikit negara yang berhasil menanganinya. Kondisi ekonomi, sosial & politik kita stabil terjaga & bahkan semakin kokoh. Inflasi terkendali, Investasi tumbuh & peluang kerja bertambah.

“Toleransi, persatuan & gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh & menciptakan dunia yang damai & sejahtera. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk bergerak bersama, menolak ekstimisme, menolak politisasi indentitas & agama, serta menolak segala bentuk provokasi. Mari kita sambut pesta demokrasi dengan kedewasaan & suka cita dengan memegang teguh Pancasila”.

Mari kita perjuangkan visi Indonesia 2045 menjadi Indonesia Maju, naik kelas dari negara berkembang menjadi negara maju, yang adil, sejahtera & merata, serta berwibawa dalam percaturan pergaulan dunia. (Rel/B.01.HENDRA). 

Read Previous

Baru Ambil Pesanan Sabu, Pengedar Diringkus di Jalan Sibolga-Barus

Read Next

Hari Lahir Pancasila, Kapolres Simalungun : Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Dalam Melaksanakan Tugas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *