Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Wali Kota Pematang Siantar hadiri rapat Gempita Kemerdekaan Ke – 78

BidikNewsToday.Com (Pematang Siantar) – Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar akan menggelar kegiatan Gempita Kemerdekaan. Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2023, dengan thema ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju’.

Rapat pembahasan kegiatan Gelar Gempita Kemerdekaan berlangsung di Ruang Data Balai Kota Pematang Siantar, Senin (31/07/2023) siang. Rapat tersebut langsung dihadiri Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA.

dr Susanti menyampaikan, ada sejumlah agenda yang akan dilaksanakan dalam menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI

“Mulai Car Free Day, upacara, dan Karnaval Kemerdekaan. Untuk itu, saya mengajak semua pihak berpartisipasi dalam mengisi kegiatan tersebut,” kata wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar ini.

dr Susanti menyadari, masyarakat Kota Pematang Siantar menginginkan adanya hiburan atau event.

“Beberapa waktu lalu, kita mengadakan Sianțar Cultural Show. Kegiatannya sukses dengan antusias masyarakat sangat tinggi berkat dukungan dari seluruh pihak,” tutur dokter spesialis anak itu.

Untuk itu, sambungnya, menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, harus dirangkai dan dipersiapkan secara matang.

“Ini adalah Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia, termasuk masyarakat Kota Pematang Siantar,” tutup mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kakan Kesbangpol) Kota Pematang Siantar Ali Akbar mengatakan, dengan digelarnya berbagai rangkaian kegiatan dalam Gempita Kemerdekaan Kota Pematang Siantar, diharapkan bisa membangkitkan semangat juang seluruh lapisan masyarakat, seperti halnya semangat juang para Pahlawan Kemerdekaan. Serta tidak memudarkan keinginan seluruh masyarakat Indonesia untuk terus melaju menjadi Indonesia yang maju.

“Terkhusus menjadikan Pematang Siantar menjadi kota yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” tandasnya.

Sedangkan Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Pematang Siantar M Hamam Sholeh AP dalam pemaparannya menyampaikan, kegiatan Gempita Kemerdekaan Kota Pematang Siantar dimulai dengan acara Car Free Day di depan Balai Kota, Jalan Merdeka. Kegiatan tersebut akan dirangkai dengan pembagian bendera merah putih secara simbolis oleh dr Susanti kepada masyarakat.

“Dalam acara Car Free Day ini, juga akan ada pemeriksaan kesehatan gratis dan pameran UMKM, dan sejumlah acara menarik lainnya,” sebut Sholeh.

Untuk Upacara Taptu, Rabu (16/08/2023) malam, lanjut Sholeh, akan ada pawai obor yang dimulai dari Lapangan Parkir Pariwisata Jalan Merdeka hingga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Nagur, Jalan Sangnaualuh Damanik.

Keesokan harinya, Kamis (17/08/2023) usai Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, diadakan Karnaval Kemerdekaan. Nantinya, ada sejumlah penampilan menarik, seperti mobil hias bertema Kemerdekaan, mobil hias bertema Toleransi, dan sejumlah penampilan lainnya. (Rel/B.03.HARTA). 

Editor : Hendra Silitonga

Read Previous

Wali Kota Hadiri Penutupan Rapat Paripurna Ill DPRD Kota Pematang Siantar Tahun 2023

Read Next

Demi Pelayanan Masyarakat, Tim Emergency Perumda Tirta Uli Pematang Siantar Perbaiki Pipa Bocor Hingga Dini Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *