Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Proyek Peningkatan Jalinsum di Palas di Kebut, Kualitas Diragukan dan Dipertanyakan

BidikNewsToday.Com (Padang Lawas) – Proyek peningkatan jallinsum Sibuhuan menuju Kecamatan Sosopan,di Kabupaten Padanglawas(Palas) dikebut, kualitas diragukan dan dipertanyakan.

Pengerjaan proyek peningkatan jalinsum Sibuhuan -Sosopan yang sempat mangkrak setahun lamanya, akhirnya pengerjaan mulai,Selasa(1/8/2023) pengaspalan  hotmixnya dikebut pihak kontraktor PT Waskita-SMJ- Utama KSO.

Proyek Multi Years Contract (MYC) senilai Rp170 miliar yang dialokasikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) untuk pembangunan jalan sepanjang 30 km di wilayah  Kabupaten Padanglawas (Palas), pengerjaannya sempat tertunda alias mangkrak, kini pengerjaannnya dikebut  sehingga terkesan amburadul.

Pasalnya, pemasangan best digilas dan disiram serta menunggu waktu pengerasan minimal 10 hari,tetapi kenyataan dilapangan,begitu di best langsung digilas dan dilanjutkan penyiram hotmix.

“Kita meragukan  kualitas proyek peningkatan jalainsum yang dikerjakan PT Waskita di Palas ini,karena pengerjaan terkesan dikebut,”beber warga Batang Taris,Lingkungan VII, Kelurahan Pasar Sibuhuan,Kecamatan Barumun,Jumat(4/8/2023).

Menurut warga, proyek peningkatan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sibuhuan -Sosopan, persisnya berada dilokasi lingkungan  VII, Kelurahan Pasar Sibuhuan hingga ke Desa Simanuldang,Kecamatan Ulu Barumun dan sejumlah titik lainnya di Padanglawas (Palas) terkesan dikebut.

” Proyek multiyears peningkatan jalan ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat untuk diselesaikan tetapi kualitas juga harus lebih diperhatikan,bukan sekedar asal jadi dan tidak memiliki ketahanan nantinya,”ungkap salah seorang warga,Riswan Nasution.

Kata Riswan,akibat lamanya proyek mangkrak, warga lingkungan VII sempat melakukan aksi blokir jalan karena tidak tahan dengan tebaran debu yang cukup meresahkan.

Amatan dilokasi, sejumlah peralatan dan material seperti pengaspalan hotmix  sudah mulai dikerjakan. Terkesan untuk  mengejar progres pekerjaan pengaspalan,pihak pekerja mengkebut  pengaspalan hotmix dimalam hari.

Kepala UPT Bina Marga Gunungtua Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi, Rasuli, ketika dihubungi wartawan, Rabu (2/8/2023) ditanya  berapa lama pengerjaannya selesai pengrejaan pengaspalan ini.

Ia menegaskan, tidak akan lama. “Secepatnya palung lambat dua pekan kedepan sudah rampung,”katanya.

Saat ditanya apa kendala sebelum sehingga sempat mangkrak, Rusli menjelaskan karena proyek pwningkatan jalan di Palas ini tahun jamak atau lebih dikenal multiyears.

“Itu kan proyek multiyears, tentu perlu  dievaluasi, ada proses tahapannya,”ujar  Rasuli.

Sementara itu, salah satu seorang  pekerja dilokasi kegiatan pengaspalan mengatakan, pemasangan base dilakukan dalam waktu  2 sampai 4 hari  baru di lakukan penghotmikan.

“Untuk lebih jelas ,lebih baik abang hubungi pak Naga ke nomor HP 0813 7082 56xx  ,”katanya.

Informasi dilaoangan, bahwa pak Naga dimaksud merupakan Konsultan Pengawas pekerjaan

Ketika BidikNews Today ingin konformasi ke pak Naga yang disebut pekerja tersebut ,Jumat(4/8/2023) melalui telepon seluler.

Si Naga mengatakan, dia bukan  pak Naga tetapi Situmorang.

“Saya tidak ada kaitan dengan proyek pengerjaan peningakatan jalan tersebut,” kilahnya. (B.25.SUBANDI). 

Editor : Hendra Silitonga

Read Previous

Kapolres Palas Pimpin Curhat Jumat Bersama Personil Polres Palas

Read Next

Sedang Menunggu Pasien, Pengedar Shabu Rambung Merah Diciduk Personel Polres Simalungun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *