Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Oppung Raminah Diusulkan Tim Verifikasi AKI 2023 Sebagai Penerima Anugerah Kàtegori Maestro Seni Tradisi

Oppung Raminah Garingging diusulkan sebagai calon penerima Anugerah Kebudayaan Indonesia (AKI) Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi. Pengusulan ini mendapat dukungan dan perhatian khusus dari Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA.

Oppung Raminah melatih tarian tor-tor

Tim Verifikasi AKI 2023 Kàtegori Maestro Seni Tradisi, melakukan peninjauan dan uji data terhadap usulan dan pengajuan Opung Raminah Garingging yang kini berusia 89 tahun, di aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar, Jalan Merdeka, Rabu (04/10/2023) sore.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematang Siantar Rudolf Barmen Manurung MPd menyampaikan, walau di usia yang tidak lagi muda, Oppung Raminah dinilai setia dalam melatih Tortor dan menceritakan budaya Simalungun.

Oppung Raminah, lanjutnya, juga masih aktif dan selalu membimbing generasi muda, selain melatih di sanggar dan berbagai sekolah. Ia juga terlibat dalam berbagai kegiatan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar, baik Dinas Pariwisata, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, hingga mendapat perhatian khusus dari dr Susanti.

“Orang tua kategori lansia biasanya yang sudah memasuki masa pensiun, sudah lebih banyak istirahat di rumah. Tetapi Oppung Raminah Garingging masih mau berbagi untuk generasi muda dan terus bekerja serta berkarya,” sebutnya.

Sementara itu, Tim Verifikasi AKI Tahun 2023, Liza Manullang menyampaikan pengumuman dan penyerahan gelar AKI Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi akan dilaksanakan di Jakarta, 27 Oktober 2023 mendatang.

Ia bersama tim mengaku merasa senang atas semangat para pelajar berlatih tarian.

“Generasi-generasi penerus yang diharapkan terus berlatih dan mengikuti semangat dari Oppung Raminah Garingging dalam mewariskan budaya Simalungun,” sebutnya.

Foto bersama oppung Raminah

Liza menambahkan, untuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hanya ada dua tokoh sebagai calon penerima AKI, yakni dari Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Samosir.

“Kita mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar Oppung Raminah Boru Garingging menjadi penerima AKI anugerah Tahun 2023 Kategori Maestro Seni Tradisi,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Oppung Raminah Garingging bersama pengurus Sanggar Budaya Rayantara Sultan Saragih didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan menyerahkan seperangkat pakaian adat Simalungun dan Buku Maestro Tari Simalungun Oppung Raminah Garingging kepada Tim Verifikasi AKI Tahun 2023

Adapun tari yang ditampilkan dalam uji data tersebut yakni Tortor Sombah, Tortor Sitalasari, Tortor Nanggurdaha (Burung Garuda), Tortor Imbou Manibung, Tortor Haroan Bolon (SMA Kartika), dan performance tunggal Tortor Balang Sahua dari Oppung Raminah Garingging. (B.02)Aziz Nasution

 

Editor: Sri Gustina Hsb

Read Previous

Bhabinkamtibmas Polsek Dolok Pardamean Sosialisasi Pencegahan Peredaran Narkoba

Read Next

MMI Apresiasi BNN Simalungun, Satres Narkoba Kecolongan. Gerak Cepat Grebek Lokasi Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *