Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Wali Kota Menghadiri dan Membuka Kegiatan Orientasi PPPK

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar diajak untuk berinovasi dan melakukan terobosan-terobosan serta berbuat yang terbaik untuk organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat Kota Pematang Siantar. Ajakan tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA, saat menghadiri dan membuka kegiatan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Lingkungan Pemerintah Kota Pematang Siantar Tahun Anggaran 2023. Orientasi yang diikuti 120 orang PPPK itu dilaksanakan di Ballroom Lantai VI Hotel Sapadia Pematang Siantar, Jalan Diponegoro, Selasa (05/12/2023) pagi.

dr Susanti dalam sambutannya orientasi PPPK tersebut sejalan dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi PPPK. Disebutkan, instansi pemerintah wajib menyelenggarakan orientasi bagi PPPK

sebagaimana Peraturan LAN, orientasi wajib diikuti oleh semua PPPK.

Masih kata dr Susanti, sesuai Keputusan Kepala LAN Nomor: 289/K.1/PDP.07/2022 tentang Pedoman Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, kegiatan orientasi dilaksanakan menggunakan Kurikulum Pengenalan Nilai dan Etika pada Instansi Pemerintah.

 

“Akan disampaikan berbagai materi yaitu pengenalan susunan organisasi dan tata kerja, pengenalan jabatan, pengenalan manajemen kinerja organisasi, dan penerapan fungsi dan tugas ASN,” terang dr Susanti.

 

dr Susanti berpesan kepada para peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti orientasi dengan menaati semua peraturan yang telah ditetapkan.

 

“Jadikan kegiatan ini sebagai ajang pengembangan kompetensi untuk meningkatkan kualitas diri dalam pelayanan serta terus berinovasi dan berkontribusi dalam pelayanan sesuai bidang dan jabatannya,” kata dr Susanti, seraya berharap para PPPK selalu mendapatkan kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan agar bisa berkontribusi terhadap negara dengan baik terutama untuk Pemko Pematang Siantar.

 

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya orientasi PPPK.

 

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, akan menghasilkan SDM aparatur yang profesional dan kompeten dalam melaksanakan tugas-tugas pelayanan publik, demi terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju,” tukasnya.

 

Lebih lanjut dr Susanti mengatakan, para PPPK merupakan yang beruntung. Sebab sudah lama diharapkan dan telah melalui proses panjang dan kerja keras serta doa dari keluarga. Sehingga saat ini para PPPK telah menjadi keluarga besar Pemko Pematang Siantar. Sehingga para PPPK agar

ke depannya menghargai perjuangan dan proses yang panjang serta tetap memiliki semangat yang berkobar-kobar, tidak kendur di tengah jalan.

 

dr Susanti juga mengingatkan, sesederhana apapun pekerjaan atau tugas yang dikerjakan, akan tetap berarti bagi pembangunan Kota Pematang Siantar dan jajaran Pemko Pematang Siantar.

 

“Rencanakan pekerjaan secara maksimal. Agar di jam-jam kerja tetap ada kegiatan. Tidak ada habisnya hal-hal yang bisa dilakukan seorang ASN,” katanya.

 

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pematang Siantar Timbul Hamonangan Simanjuntak SAP MAP dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan Orientasi PPPK berdasarkan ketentuan Pasal 31 Peraturan Lembaga Negara Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi PPPK. Bahwa pemerintah wajib menyelenggarakan orientasi bagi PPPK sesuai kebutuhan instansi pemerintah.

 

Pelaksanaan orientasi bagi PPPK meliputi Kurikulum Pengenalan Tugas dan Fungsi ASN dilaksanakan oleh LAN melalui Pembelajaran Mandiri menggunakan Massive Open Online Course (MOOC) yang telah dilaksanakan 6-23 Oktober 2023.

 

Kemudian, Kurikulum Pengenalan Nilai dan Etika pada Instansi Pemko Pematang Siantar yang dilaksanakan 5-6 Desember 2023.

 

Peserta yang mengikuti Orientasi PPPK Tahun Anggaran 2023 yakni: Tenaga Guru Dinas Pendidikan Formasi Tahun 2019 sebanyak 33 orang; Tenaga Penyuluh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Formasi Tahun 2019 sebanyak 17 orang, serta Tenaga Guru Dinas Pendidikan Formasi Tahun 2021 sebanyak 70 orang, dan total semuanya 120 orang.

 

Acara dilanjutkan dengan pemasangan tanda peserta orientasi secara simbolis kepada perwakilan kelas A, B, dan C oleh dr Susanti didampingi tim BPSDM Sumut, Asisten, Staf Ahli, dan Kepala BKPSDM Kota Pematang Siantar Kemudian, seluruh peserta mengenakan tanda peserta masing-masing.

 

Turut hadir, Kepala BPSDM Provinsi Sumut diwakili Kabid Pengembangan Potensi Manajerial Muhammad Fauzi Siregar SIP MSi, Widya Iswara Ahli Muda BPSDM Sumut Nunung Sri Wahyuni, Asisten Administrasi Umum Pemko Pematang Siantar Drs Pardamean Silaen MSi, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Rudolf Barmen Manurung MPd. (B.02) Aziz Nasution

Read Previous

Kemenkumham Terima Penganugerahan dari BPS

Read Next

KAPOLRES SIANTAR SERAHKAN BINGKISAN NATARU SECARA SIMBOLIS KEPADA PERSONIL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *