Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Lapas Narkotika Kelas II A Pematangsiantar Gelar Upacara Deklarasi Janji Kinerja & Komitmen Bersama TA 2022

BidikNewsToday.Com (Simalungun) – Upaya menjaga Integritas Lapas Narkotika Kelas II A Pematangsiantar, Upacara Janji Kinerja & Komitmen bersama Pencanangan Zona Integritas TA 2022 dilaksanakan.

Hal tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mencapai wilayah bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di jajaran Kementerian Hukum & HAM RI.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Olahraga Lapas Narkotika Kelas II A Pematangsiantar, Jalan Pemasyarakatan, Kecamatan Pematang Raya, Kabupaten Simalungun. Kamis (27/1/2022).

Dalam upacara tersebut, Kalapas Narkotika Kelas II A Pematangsiantar Sopian, Amd.IP, SH, MH turun langsung menjadi Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, ia mengatakan sangat penting peningkatan kinerja satuan kerja yang akan dilakukan di tahun 2022 ini.

“Sangat penting peningkatan kinerja di tahun ini. Jadi, kita akan lebih meningkatkan program kemandirian yang melibatkan stakeholder seksi kegiatan kerja dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)”, jelas Kalapas yang baru menjabat itu.

“Untuk program kemandirian itu, dapat berupa Sablon kaos, usaha laundry, Pertanian, peternakan ayam dan paving blok. Dan itu akan menghasilkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP)”, lanjutnya.

Tak hanya itu, beliau juga menyampaikan bahwa produktifitas dalam lapas tidak hanya berkontribusi positif terhadap kemanan kesejahteraan petugas yang didapat secara legal.

“produktifitas di dalam Lapas tidak hanya berkontribusi positif terhadap keamanan dan ketertiban, tetapi juga terhadap kesejahteraan petugas yang didapat secara legal. Hal tersebut berarti tidak ada ruang bagi penyalahgunaan wewenang oleh petugas berupa pemerasan, penyelundupan barang terlarang dan kegiatan ilegal lainnya”, ujar Kalapas.

Lebih lanjut Kalapas menyampaikan, perlunya sinergi antara sesama petugas untuk mencapai sukses organisasi. Sinergitas tersebut dapat berupa, senior membimbing junior, junior menghormati senior, maupun dalam bentuk pemberian kepercayaan kepada bawahan mengaktualisasikan tanggung jawab di dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Pelaksanaan Deklarasi Janji Kinerja dan Komitmen Bersama Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun Anggaran 2022 ini merupakan interpretasi (perwujudan) amanat Presiden dan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia agar terciptanya birokrasi yang benar-benar melayani masyarakat.

Humas Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar, Eka Putra, S.H., M.H. menerangkan, “saat ini Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar sedang bertransformasi _back to basic_ sesuai arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan.” Back to Basic artinya kembali kepada pedoman dan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mewujudkan cita-cita yang telah diterapkan.

“Jadi, kita harus secara sadar memikirkan, merasakan, dan merenungkan apakah yang berjalan sudah sesuai dengan yang seharusnya”, tutup Humas Lapas. (B.03.HARTA).

Editor : Hendra Silitonga. 

Read Previous

Launching Buku “Mengawal Warisan Ulama Padang Lawas”. Kemenag Padang Lawas Undang Plt. Bupati Di Acara Peresmian

Read Next

PT. Sinar Halomoan Mendapat Penghargaan Dari Pemkab Padang Lawas Atas Partisipasi Penanganan Banjir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *