Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

POLRES PEMATANG SIANTAR LAKSANAKAN UPACARA GELAR PASUKAN OPERASI KEPOLISIAN TERPUSAT LILIN TOBA 2023,DENGAN MELIBATKAN 330 PERSONIL

Pematang Siantar Bersama dengan instansi terkait Laksanakan upacara gelar pasukan serentak operasi kepolisian terpusat lilin toba 2023 dalam rangka pengamanan natal 2023 dan tahun baru 2024,Kamis 21 Desember 2023,bertempat Lapangan Aspol Polres Pematang Siantar

Bertindak sebagai pimpinan upacara Wakapolres Pematang Siantar KOMPOL PARDAMEAN HUTAHAEAN SH,SIK,MH dan Perwira upacara Kasat Lantas Polres Pematangsiantar AKP RELINA LUMBANGAOL S.Sos serta Komandan upacara Kapolsek Siantar Timur IPTU Jhon Harno Purba.

Wakapolres Pematang Siantar selaku pimpinan apel membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. LISTYO SIGIT PRABOWO, M.Si dan Menyampaikan Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa,“Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok”Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan 3 Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, K/L, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024 yang melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan SKB yang memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, pengendalian 4 arus lalu lintas penyeberangan laut dan penundaan perjalanan. Tentunya SKB ini harus dapat dipahami dan diimplementasikan secara tepat di lapangan. Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan. Sediakan kantong parkir yang memadai, pengaturan jalur keluar masuk, dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman.

Dalam rangka mengantisipasi kepadatan penumpang pada titik pelayanan moda transportasi umum, lakukan pengaturan jadwal keberangkatan, dorong pembelian tiket secara online, dan pengaturan arus keluar masuk bersama dengan stakeholder terkait. Selain itu, laksanakan patroli jalan kaki guna mencegah terjadinya kejahatan. Selanjutnya pada sisi kamtibmas, untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat. Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius.

Pada pengamanan perayaan malam tahun baru, lakukan pengamanan pada setiap giat keramaian dengan maksimal, terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Selain itu, lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis serta tingkatkan pengawasan distribusi handak komersial maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman.

Kepada seluruh personel saya berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan. Jadikan pengamanan Nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah. 8 Terakhir, saya mengucapkan “Selamat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024”. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua sehingga melahirkan semangat serta harapan baru, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

Pada Kesempatan itu mewakili Kapolres Wakapolres Pematang Siantar Kompol Pardamean Hutahaean SH,SIK,MH menyampaikan dalam pelaksanaan ops lilin toba 2023 Polres Pemtanag Siantar turunkan sebanyak 330 personil untuk melaksanakan tugas di Pos Pam,Pos Yan,Tim Pengurai Kemacetan,Tim Pengalihan Jalur ,Piket Posko Ops dan melaksanakan pengaturan arus lalu lintas dalam rangka antisipasi terjadinya kemacetan selama pelaksanaan ops “lilin toba-2023”

Dan untuk penempatan pos pos di wilayah hukum polres pematang siantar terletak di Parluasan untuk Pospam 1,depan Ramayana Pos PAM 2, jalan Sutomo Pos PAM 3 dan Simpang 4 jalan Gereja, Dan untuk Pos Pelayanan terletak di jalan Medan Sigagak sebagai Pospelayanan 1 ,Simpang 2 jalan Parapat sebagai posyan 2 dan Simpang Sidamanik pos yan 3

Penempatan pos ini tentunya demi kelancaran dan keamanan masyarakat menjelang Nataru dan libur panjang, Dimana Kota Pematang Siantar merupakan tempat perlintasan sehingga dianggap akan menjadi pusat keramaian saat libur akhir tahun dan Pos Pam dan Pos Yan ini nantinya akan ditempati petugas pengamanan gabungan dari TNI-Polri, Instansi terkait dan ormas, yang bertugas mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru dari awal sampai akhir kegiatan.(B 01)

Read Previous

UPTD SD Negeri 122345 Kota Pematang Siantar Gelar Talent Show dan Pentas Seni

Read Next

KAPOLRES PEMATANG SIANTAR CEK KESIAPAN POS PAM DAN POS YAN OPS LILIN TOBA 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *