Search
Close this search box.

PT BIDIK MITRA BERSAMA

(Media Online Bidik News Today)
Jalan Patimura Ujung No. 39, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara (Samping GOR Pematangsiantar)
Kode Pos 21145 – Kota Pematangsiantar

Search
Close this search box.

Plt. Bupati Padang Lawas Hadiri Pelantikan 51 Anggota Panwaslu Kecamatan

BidikNewsToday.Com (Padnag Lawas) – Sebanyak 51 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Padanglawas (Palas) dilantik, di Aula Hotel  Syamsiah Sibuhuan, Sabtu (29/10/2022).

Pelantikan Panwaslu Kecamatan bertemakan “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu” sekaligus pengambilan sumpah dan penanda tanganan  fakta integritas oleh perwakilan Panwaslu Kecamatan dan  dilanjutkan dengan pembekalan.

Hal ini, merupakan start awal untuk memberi hasil positif bagi keberlangsungan demokrasi di tanah air, khususnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 di Kabupaten Padanglawas.

Pesan ini disampaikan Plt Bupati Palas, drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.MSi ,saat memberi sambutan pada proses pelantikan tersebut.

Dijelaskan Plt Bupati, Pemilu yang bebas, jujur dan adil sangat ditentukan peran panitia pengawas pemilihan di tingkat Kecamatan yang tersebar di 17 Kecamatan dengan 303 desa se Kabupaten Palas.

Sebab, Pemilu merupakan sistem norma dalam proses penyampaian hak demokrasi rakyat dalam menentukan pilihannya berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi, transparansi, dan bertanggungjawab sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Kehadiran Pengawas Pemilu Kecamatan  mempunyai peranan yang penting dalam menjalan tugas berat dalam mengawal keberlangsungan Pemilu dengan lancar dan aman,” terangnya.

Beratnya persaingan menjadi panwaslu kecamatan,lanjutnya  membuat banyak kriteria yang harus dipenuhi agar bisa lulus, baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini  menunjukkan yang lulus menjadi Panwaslu mempunyai kemampuan dan kinerja yang baik.

Tugas sebagai Panwaslu sesungguhnya adalah tugas mulia sekaligus memikul tanggungjawab yang berat, bertugas mengontrol dan mencegah pelanggaran, serta menegakkan demokrasi,” ujar H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.

Oleh karena itu, ia berpesan, dalam melaksanakan tugas Panwaslu sangat diharapkan dapat bekerjasama secara profesional, berkompeten serta bertindak cepat dan tepat dalam penanganan setiap laporan dari masyarakat maupun temuan dari pengawas pemilu sendiri demi terciptanya pelaksanaan demokrasi Pemilu yang berkualitas dan bermartabat.

“Diharap saudara dapat bekerja sesuai dengan koridor hukum secara profesional serta pro aktif, responsif dan memiliki sensitivitas yang tinggi dalam menjalankan berbagai tugas sebagai pengawas pemilu,” ungkapnya.

“Junjung tinggi integritas dan kredibilitas serta perlihatkan kinerja sebaik mungkin, karena keberhasilan saudara turut menentukan masa depan bangsa dan negara,” sambung Plt Bupati.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Palas,Rahmat Efendi Siregar.SS menyampaikan, kepada 51 anggota Panwaslu Kecamatan terpilih dan dilantik setelah melalui seleksi berkas, Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara.

“Panwaslu Kecamatan  merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pengawasan pemilu,” katanya.

Ia menjelaskan, anggota Panwaslu Kecamatan terpilih ini sebelumnya telah melewati beberapa proses seleksi, dari seleksi administrasi, ujian CAT yang kita laksanakan.

Dari ujian CAT,kita menyaksikan 102 orang yang dilakukan tes wawancara dan hasilnya terpilih 51 orang.

“Inilah hasil akhir seleksi yang terpilih sebanyak 51 orang karena mereka itulah  yang terbaik,” kata Ketua Bawaslu Palas.

Ia berharap, setelah dilantik, anggota Panwaslu Kecamatan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai pengawas pemilu guna terciptanya demokrasi pemilu yang berkualitas dan bermartabat sesuai fungsi.

Hadir di kegiatan pelantikan Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Palas,Kopolres Palas,AKBP Indra Yanitra Irawan.SIK.MSi diwakili Kasat Reskrim,AKP Aman Putra B.SH.Kajari Palas diwakili staf Kejaksaan Negeri Palas, Asisten I Pemerintahan, H.Panguhum Nasution.MAP,Kepala Inspektorat, Inspektur Harjusli Fahri Siregar.SSTP, Kadis Pemuda dan Olahraga, M.Rasyidi Hasibuan,Ketua KPU Palas diwakili Komisioner KPU,Rahmat Habinsaran Daulay. (B.25.SUBANDI). 

Editor : Arta Purba. 

Read Previous

Plt Bupati Padang Lawas Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 94

Read Next

Untuk mewujudkan Pemilu Yang Berkualitas & Bermartabat, Panwaslu Kecamatan Harus Bekerja Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *